Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Campuran Melalui Implementasi Pembelajaran Tutor Sebaya dan Penggunaan LKS

Skripsi jurusan Pendidikan Matematika:  (Kode 3357)
Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Saptamarga 03 B Semarang Tahun Pelajaran 2006/2007 Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Campuran Melalui Implementasi Pembelajaran Tutor Sebaya dan Penggunaan LKS
Puji Haryanto,2007. Skripsi Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.

Tes evaluasi soal cerita pada siswa hasilnya rendah. Berbagai upaya telah dilakukan oleh guru tetapi belum mampu menunjukkan hasil yang optimal. Melalu penelitian diimplementasikan pembelajaran tutor sebaya dengan penggunaan LKS pada pokok bahasan operasi hitung campuran.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. Apakah melalui imlplementasi pembelajaran tutor sebaya dan penggunaan LKS dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi Matematika siswa kelas IV SDN Saptamarga 03 B Semarang tahun pelajaran 2006/2007 dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan operasi hitung campuran? Tujuan penelitian ini adalah uhtuk menganalisis peningkatan hasil belajar dan kemampuan komunikasi Matematika siswa kelas IV SDN Saptamarga 03 B Semarang dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan operasi hitung campuran melalui implementasi pembelajaran tuitor sebaya dan penggunaan LKS.

Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di SDN Saptamarga 03 B Jalan Tamtama Barat VI Ngesrep Banyumanik Semarang pada kelas IV yang terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi perncanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Tiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Sumber data dari siswa dan guru kelas IV yang diperoleh dari evaluasi hasil belajar, hasil kerja kelompok, dan PR pada setiap siklus, juga hasil observasi tentang kegiatan guru dan siswa. Penelitian dikatakan berhasil jika sekurang-kurangnya 70 % siswa memperoleh nilai sekurang-kurangnya 6,50 serta 60 % siswa mampu melakukan komunikasi matematika dengan baik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I siswa yang mendapat nilai minimal 6,50 sebanyak 11 siswa atau sekitar 57,9 % sedangkan siswa yang aktif mampu melakukan komunikasi sekitar 56,2 % atau sekitar 11 siswa. Hasil tersebut belum memuaskan dan belum sesuai dengan yang diharapkan. Oleh arena itu perlu dilakuan siklus II, dan ternyata hasil evaluasi pada siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai sekurang-kurangnya 6,50 sebanyak 16 siswa atau sekitar 84,2 %, sedang hasil dari observasi aktivitas siswa menunjukkan siswa yang mampu melakukan komunikasi matematika sekitar 69 % atau sebanyak 13 siswa.

Simpulan yang dapat diambil adalah melalui implementasi pembelajaran tutor sebaya dan penggunaan LKS dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi Matematika. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru kelas IV SDN Saptamarga 03 B hendaknya mencoba untuk menerapkan model pembelajaran tutor sebaya dan penggunaan LKS untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa.


DOWNLOAD SELENGKAPNYA DISINI


  • Ingin Berlangganan Internet cepat Unlimited Tanpa Di Batasi Quota Dan Biaya Murah KLIK DISINI

Cara Order

ORDER#NAMA LENGKAP#KODE ORDER

Mohon Order Ke Salah Satu Nomor Di Bawah ini
WhatsApp: 085 855 569 889
SMS: 085 785 563 789
Telp: 085 785 563 789
BBM: 79125972

Katalog Tupperware Menarik Lainnya :

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Tupperware Promo Indonesia | Pusat Software | Tupperware
Copyright © 2011. Pusat Belanja Tupperware Online Terpercaya - All Rights Reserved
Design By Creating Website Published by Dunia Imagine
Proudly powered by Web Creatif