Skripsi Jurusan Pendidikan Matemtaika: (KODE 2914)
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII A SMP I KALIWUNGU KUDUS TAHUN PELAJARAN 2006-2007 DALAM MENYELESAIKAN SOAL-SOAL PADA MATERI POKOK SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TUTOR SEBAYA
Agung Supriyanto. 2007. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Semarang.
Latar belakang penelitian tindakan kelas ini dilakukan karena hasil belajar Matematika siswa kelas VIII SMP 1 Kaliwungu Kudus masih rendah terutama dalam menyelesaikan soal-soal pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Oleh karena itu perlu suatu upaya untuk meningkatkan hasil belajar Matematika tersebut yaitu melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya.
Dengan demikian muncul permasalahan “Apakah melalui implementasi pembelajaran dengan tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2006-2007 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus sebanyak 40 orang, seorang guru Matematika dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi : hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 (empat) tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 75% siswa memperoleh nilai ≥ 6,0.
Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2006-2007 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV. Dengan demikian disarankan sebaiknya guru Matematika dalam proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
Dengan demikian muncul permasalahan “Apakah melalui implementasi pembelajaran dengan tutor sebaya mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV ?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2006-2007 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus sebanyak 40 orang, seorang guru Matematika dan seorang pengamat. Data yang dikumpulkan meliputi : hasil belajar siswa, hasil observasi guru, hasil observasi siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus meliputi 4 (empat) tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi) dan refleksi. Pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila sekurang-kurangnya 75% siswa memperoleh nilai ≥ 6,0.
Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A SMP 1 Kaliwungu Kudus tahun pelajaran 2006-2007 dalam menyelesaikan soal-soal pada materi pokok SPLDV. Dengan demikian disarankan sebaiknya guru Matematika dalam proses belajar mengajar menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan tutor sebaya agar hasil belajar siswa menjadi lebih baik.
- Ingin Berlangganan Internet cepat Unlimited Tanpa Di Batasi Quota Dan Biaya Murah KLIK DISINI
Cara Order
ORDER#NAMA LENGKAP#KODE ORDER
Mohon Order Ke Salah Satu Nomor Di Bawah ini
WhatsApp: 085 855 569 889
SMS: 085 785 563 789
Telp: 085 785 563 789
BBM: 79125972




Post a Comment