keefektifan pembelajaran cooperative tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) bermediakan kartu soal terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bangun segiempat

Skripsi matematika:  (KODE 2700)
Keefektifan pembelajaran cooperative tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) bermediakan kartu soal terhadap hasil belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi bangun segiempat
anonim. Skripsi Jurusan matematika , Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.
Peran strategis mata pelajaran matematika dalam kemajuan IPTEK saat ini tak dapat dipungkiri lagi. Matematika sebagai bahasa pengantar teknologi sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari karena mata pelajaran ini sangat terkait dengan cabang ilmu yang lain seperti fisika, kimia, astronomi, ekonomi dan sosial. Menurut R. Soedjadi dan Masriyah (Suyitno, 2004:52) matematika merupakan mata pelajaran yang memiliki ciri objek kajian abstrak, mendasarkan diri pada kesepakatan-kesepakatan, dan menggunakan pola pikir deduktif serta konsisten.

Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), ditegaskan bahwa ada beberapa hal yang diperlukan dalam pengembangan matematika di sekolah, antara lain: mengkondisikan siswa untuk menemukan kembali rumus, konsep atau prinsip dalam matematika melalui bimbingan guru agar siswa terbiasa melakukan penyelidikan dalam menemukan sesuatu. Pendekatan pemecahan masalah merupakan fokus dalam pembelajaran yang meliputi masalah tertutup, mempunyai solusi tunggal dan penyelesaian masalah dengan berbagai cara pemecahan (terbuka). Beberapa keterampilan untuk memahami soal secara langsung yaitu memahami dan mengidentifikasi apa yang diketahui, apa yang ditanyakan, kemudian siswa diminta untuk mencari atau membuktikan, memilih pendekatan atau strategi pemecahan, menyelesaikan model, hingga menafsirkan solusi. Dalam setiap pembelajaran guru hendaknya memperhatikan materi prasyarat yang diperlukan, serta dalam setiap kesempatan pembelajaran matematika hendaknya dimulai dengan pengenalan masalah-masalah yang sesuai dengan situasi kehidupan nyata (Depdiknas, 2006:2).

Peneliti memilih pelaksanaan penelitian di SMP Negeri 7 Semarang karena SMP ini merupakan salah satu SMP favorit di kalangan masyarakat Semarang yang mempunyai keunggulan baik di bidang akademik maupun nonakademik. Berbagai prestasi telah ditorehkan oleh sekolah ini sehingga dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan SMP percontohan. Sekolah ini terus berupaya meningkatkan kualitasnya, salah satunya dengan terus membenahi model dan metode pembelajaran yang digunakan di sekolah karena ketidaktepatan guru dalam menggunakan model pembelajaran di kelas dapat mengakibatkan siswa kurang mampu dalam memahami materi yang diajarkan. 
  • Ingin Berlangganan Internet cepat Unlimited Tanpa Di Batasi Quota Dan Biaya Murah KLIK DISINI

Cara Order

ORDER#NAMA LENGKAP#KODE ORDER

Mohon Order Ke Salah Satu Nomor Di Bawah ini
WhatsApp: 085 855 569 889
SMS: 085 785 563 789
Telp: 085 785 563 789
BBM: 79125972

Katalog Tupperware Menarik Lainnya :

Share this product :

+ komentar + 1 komentar

Post a Comment

 
Support : Tupperware Promo Indonesia | Pusat Software | Tupperware
Copyright © 2011. Pusat Belanja Tupperware Online Terpercaya - All Rights Reserved
Design By Creating Website Published by Dunia Imagine
Proudly powered by Web Creatif