Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX pada Pokok Bahasan Operasi pada Bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil

Skripsi jurusan pendidikan matemtaika:  (KODE 2120)
“Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III G SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes pada Pokok Bahasan Operasi pada Bentuk Aljabar Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Kelompok Kecil”
Riyono, 2006, Skripsi pendidikan matemtaika, Fakultas matematikia dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Alasan pemilihan judul adalah berdasarkan pengalaman guru kelas III G SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes, ternyata hasil ulangan untuk pokok bahasan Operasi pada Bentuk Aljabar setiap tahunnya rata-rata berkisar antara 5,4. Di samping itu pokok bahasan Operasi pada Bentuk Aljabar sering muncul dalam tes semester atau Ujian Nasional, sedangkan pemahaman siswa terhadap pokok bahasan ini sangat rendah, maka masalah tersebut perlu segera diatasi.
Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu adanya penelitian tindakan kelas, di mana tujuan penelitian adalah sebagai berikut.

1. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III G SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes Tahun Pelajaran 2005/2006 pada pokok bahasan Operasi pada Bentuk Aljabar.
2. Untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III G SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes Tahun Pelajaran 2005/2006.
3. Untuk memperoleh cara yang tepat dan efektif dalam menerapkan model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil.
Adapun rencana tindakannya adalah mengadakan penelitian di SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes kelas III G sebanyak 3 siklus, sebelum mengadakan penelitian tindakan kelas terlebih dahulu mengadakan perencanaan sebagai berikut.
1. Menyusun rencana pembelajaran
2. Merancang pembelajaran dengan membentuk kelompok belajar siswa.
3. Menentukan kolaborasi dengan teman sejawat sebagai partner penelitian.
4. Membuat lembar observasi.
5. Menyusun evaluasi untuk mengukur ketuntasan belajar.
Selanjutnya mengenai hasil penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut.
1. Pelaksanaan pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil ada perubahan dimana pada pertemuan I siswa pasif, pertemuan II siswa mulai aktif, sedangkan pertemuan III semua siswa aktif.
2. Motivasi siswa terhadap materi pelajaran pada pertemuan III baik, jika dibandingkan dengan pertemuan I dan pertemuan II.
3. Hasil belajar siswa berhasil sebab pada siklus III siswa yang nilainya lebih dari 6,5 sebanyak 87%, dengan nilai rata-rata 7,48.
Dari hasil penelitian tersebut di atas, maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran tutor sebaya dalam kelompok kecil hasil belajar siswa kelas III G SMP Negeri 1 Ketanggungan Brebes pada pokok bahasan operasi pada bentuk aljabar dapat ditingkatkan.
Saran kepada pembaca bahwa dalam penelitian jumlah siswa tiap kelompok tidak boleh kurang dari 4 dan tidak boleh lebih dari 5 dengan penyebaran menurut tingkat kecerdasan siswa, dan guru selalu memberi bimbingan pada kelompok yang membutuhkan.



  • Ingin Berlangganan Internet cepat Unlimited Tanpa Di Batasi Quota Dan Biaya Murah KLIK DISINI

Cara Order

ORDER#NAMA LENGKAP#KODE ORDER

Mohon Order Ke Salah Satu Nomor Di Bawah ini
WhatsApp: 085 855 569 889
SMS: 085 785 563 789
Telp: 085 785 563 789
BBM: 79125972

Katalog Tupperware Menarik Lainnya :

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Tupperware Promo Indonesia | Pusat Software | Tupperware
Copyright © 2011. Pusat Belanja Tupperware Online Terpercaya - All Rights Reserved
Design By Creating Website Published by Dunia Imagine
Proudly powered by Web Creatif