Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan Dengan Alat Peraga Kertas Lipat

Skripsi jurusan pendidikan matematika:  (KODE 2080)
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PECAHAN DENGAN ALAT PERAGA KERTAS LIPAT
YUNIARSIH, 2006. Skripsi pendidikan matematika, Fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam, Universitas Negeri Semarang.

Latar belakang dari penelitian ini adalah ditemukan kenyataan di lapangan bahwa siswa kelas III SD Negeri Pedurungan Lor 02 Kecamatan Pedurungan Semarang, nilai rata-rata siswa dalam tiga tahun terakhir < 6,0 untuk pelaaran atematika khususnya pada pokok bahasan pecahan. Oleh karena itu muncul gagasan bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri Pedurungan Lor 02 Kecamatan Pedurungan Semarang Tahun Pelajaran 2005 / 2006. Untuk mengatasi masalah tersebut diatas, peneliti melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan alat peraga kertas lipat. Hal ini dimaksudkan untuk menarik perhatian siswa dalam mengikuti jalannya pelajaran dan untuk mengurangi kesalah pahaman siswa terhadap materi pelajaran khususnya pada pokok bahasan pecahan.

Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri Pedurungan Lor 02 Kecamatan Pedurungan Semarang yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi hasil tes dan pengamatan. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila siswa secara individual mengerjakan soal tes mendapat nilai > 6,0.
Hasil perolehan pada siklus I menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai > 6,0 sebanyak 68,4 %. Nilai pada siklus I ini belum memenuhi indikator yang diharapkan, oleh karena itu perlu diulang pada siklus II. Hasil perolehan dari
sikus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai > 6,0 sebanyak 86,8 %. Nilai pada siklus II ini juga belum memenuhi indikator yang diharapkan sehingga perlu diulang lagi pada siklus III. Adapun hasil perolehan siklus II menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai > 6,0 sebanyak 100 %. Hasil ini sesuai dengan indikator yang diharapkan, maka penelitian ini sudah dikatakan berhasil.
Simpulan peneliti bahwa mengajar dengan menggunakan alat peraga kertas lipat pada pokok bahasan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri Pedurungan Lor 02 Kecamatan Pedurungan Semarang.
Berdasarkan simpulan diatas disarankan bahwa bagi guru SD dalam memberi pelajaran matematika pada pokok bahasan pecahan hendaknya menggunakan alat peraga kertas lipat karena dengan menggunakan alat peraga kertas lipat penanaman konsep pecahan akan lebih mudah dipahami siswa. 




  • Ingin Berlangganan Internet cepat Unlimited Tanpa Di Batasi Quota Dan Biaya Murah KLIK DISINI

Cara Order

ORDER#NAMA LENGKAP#KODE ORDER

Mohon Order Ke Salah Satu Nomor Di Bawah ini
WhatsApp: 085 855 569 889
SMS: 085 785 563 789
Telp: 085 785 563 789
BBM: 79125972

Katalog Tupperware Menarik Lainnya :

Share this product :

Post a Comment

 
Support : Tupperware Promo Indonesia | Pusat Software | Tupperware
Copyright © 2011. Pusat Belanja Tupperware Online Terpercaya - All Rights Reserved
Design By Creating Website Published by Dunia Imagine
Proudly powered by Web Creatif